Kamis, 13 Oktober 2011

MANAJEMEN PERIKLANAN-KULIAH KE-6/GANJIL 2011

KULIAH KE-6/GANJIL 2011

THE ADVERTISING AGENCY

Suatu badan hukum (perusahaan) yang menangani perencanaan dan eksekusi komunikasi pemasaran (promosi) suatu produk. Saat ini dibedakan antara Full Service Agency, Media Service Agency dan Creative Service Agency yang lebih dikenal dengan sebutan Media Specialist dan Creative Boutique.
Yang disebut “Full Service Agency” adalah “pelayanan satu atap” yaitu suatu perusahaan iklan yang mampu melayani semua kepentingan/kebutuhan klien. Dulu hampir semua biro iklan bentuknya seperti ini. Sekarang ada pilihan lain, yaitu Media Agency yang melayani hanya pemasangan iklan di media masa dan Creative Agency yang melayani pembuatan materi iklan/promosinya saja.
Belum jelas benar penyebab perubahan atau kecenderungan pemisahan ini. Terjadi sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Secara global historisnya bermula dari Eropa (Inggris) terus ke Asia/Pacific, Amerika Latin dan tertahan sejenak di Madison Avenue, sarangnya biro iklan global di New York.
Kita mengenal nama-nama pelopor Media Specialist seperti Carat, Zenith dan CIA. Kini nyaris semua biro iklan besar di dunia memisahkan Media Dept. menjadi Media Specialist. Kita mengenal Starcom (Leo Burnet), Mindshare (Ogilvy), Media Initiative (Lintas), Maximise (JWT) dan Optima. Ditingkat lokal salah satu pelopornya adalah Sentra Media.Kini Media Specialist lokalpun menjamur.

1 komentar:

  1. NFL Week 5 Parlay Picks & Predictions: Patriots vs. Buccaneers ボンズ カジノ ボンズ カジノ 온카지노 온카지노 온라인카지노 온라인카지노 6735Play roulette big win online - aogiadinh123

    BalasHapus