Rabu, 20 Oktober 2010

TEORI DIVUSI INOVASI

MK Komunikasi Sosial Pembangunan
Prodi Teknik Lingkungan FTM UPNYK


TEORI DIVUSI INOVASI

Muncul tahun 1903, ketika sosiolog Perancis, Gabriel Tarde, memperkenalkan Kurva Difusi berbentuk S (S-shaped Diffusion Curve). Kurva menggambarkan suatu inovasi diadopsi seseorang atau sekolompok orang dilihat dari dimensi waktu. Terdapat dua sumbu menggambarkan tingkat adopsi dan dimensi waktu.
Teori dikembangkan oleh ROGER & SHOEMAKER (1971) :
a. Studi Divusi mengkaji pesan2 (ide atau gagasan) baru.
b. Pesan baru tsb menimbulkan suatu derajad resiko pada penerima. Penyebarserapan Inovasi menyebabkan masyarakat berubah.
c. Masuknya Inovasi dalam sistem masyarakat disebabkan oleh Komunikasi antar anggota masyarakat. Komunikasi menjadi faktor penting dlam perubahan sosial.
UNSUR-UNSUR PROSES DIVUSI INOVASI (ROGER & SHOEMAKER : 1971) :
a. Suatu Inovasi
b. Dikomunikasikan melalui Saluran Tertentu
c. Dalam suatu Jangka Waktu
d. Di antara anggota sistem sosial.
INOVASI
a. Segala sesuatu Ide, cara-cara, ataupun obyek yang dioperasikan oleh seseorang sebsgsi sesuatu yang baru.
b. Segala perubahan yang dirasakan sebagai sesuatu yang baru oleh masyarakat yang mengalaminya (Havelock, 1973)
Ada 5 atribut, yang menandai Inovasi bagi masyarakat / klien.
a. Keuntungan2 relatif (relative advantage)
b. Keserasian (compatibility)
c. Kermitan (complexity)
d. Dapat dicobakan (triability)
e. Dapat dilihat (observability)
Ada 5 kelompok masyarakat yang menghadapi Inovasi (Roger & Shoemaker 1971) :
a. Inovator
b. Penerima dini (early adopter)
c. Mayoritas dini (early majority)
d. Mayoritas belakangan (late majority)
e. Laggards.
Ada 5 Tahapan penerimaan Inovasi / Tahap Putusan Inovasi.
a. Tahap Pengetahuan
b. Tahap Bujukan
c. Tahap Putusan
d. Tahap Implementasi
e. Tahap Pemastian
AGEN PERUBAHAN (CHANGE AGENTS)
Adalah sejumlah orang yg mempelopori, menggerakkan dan menyebarluaskan proses perubahan sosial.
Menurut Duncan dan Zaltman, harus memliki kompetensi dasar :
a. Kualifikasi Tekhnis
b. Kemampuan Administratif (mengalokasikan waktu)
c. Hubungan Antarpribadi (Empati).
AGEN PERUBAHAN (CHANGE AGENTS)
Peran Utama Agen Perubahan (Havelock, 1973)
a. Sebagai Katalisator
b. Sebagai Pemberi Pemecahaan Persoalan.
c. Sebagai Pembantu Proses Perubahan
d. Sebagai Penghubung.
Ada 7 Tugas Utama Agen Perubahan
a. Menumbuhkan keinginan Masyarakat
b. Membina hubungan dalam rangka perubahan
c. Mendiagnosa Permasalahan Masyarakat
d. Menciptakan Keinginan Perubahan
e. Menterjemahkan keinginan menjadi tindakan nyata.
f. Menjaga kestabilan perubahan
g. Mencapai suatu terminal hubungan

Deskripsi Lengkap pada Yogi Foto Copy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar