Follow by Email

Selasa, 19 Oktober 2010

SISTEMATIKA ETIKA

K#3 : Sistematika Etika (3&4)

DEFINISI ETIKA

Menurut Kattsoff, ditinjau dari pengertiannya Etika dibagi 3 :
 Etika Deskriptif : etika bersangkutan dengan nilai dan ilmu pengetahuan tentang baik buruk tingkah laku manusia dalam masyarakat, bersifat pemaparan atau penggambaran saja.
 Etika Normatif : etika sebagai ilmu yang mengadakan ukuran2 atau norma2 untuk menilai perbuatan manusia dalam masyarakat, berusaha mencari ukuran umum bagi baik buruknya tingkah laku
 Etika Kefilsafatan : etika mempersoalkan tentang arti2 yang dikandung dalam istilah2 kesusilaan (apa yg disebut perbuatan etis, tidak etis dsb.)

ETIKA DESKRIPTIF
 Melihat secara kritis dan rasional sikap dan pola prilaku manusia dan apa yang dicari manusia dalam hidup ini
 Berbicara mengenai fakta apa adanya, yaitu mengenai nilai dan pola perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas konkrit yang membudaya.
 Berbicara mengenai kenyataan penghayatan nilai, tanpa menilai, tentang sikap orang dalam menghadapi hidup ini, dan tentang kondisi-2 yang memungkinkan manusia bertindak etis.

ETIKA NORMATIF

 Berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki manusia, apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia, dan apa tindakan yang seharusnya diambil untuk mencapai apa yang bernilai dalam hidup ini.
 Berbicara mengenai norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia, serta memberi penilaian dan himbauan kepada manusia untuk bertindak sebagaimana seharusnya berdasarkan norma-norma.
 Menghimbau manusia untuk bertindak yang baik dan menghindari yang jelek.

PERBEDAAN ANTARA ETIKA DESKRIPTIF DAN ETIKA NORMATIF
Etika Deskriptif memberi fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku atau sikap yang mau diambil.
Etika Normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Jadi etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini.

ETIKA UMUM DAN ETIKA KHUSUS
ETIKA UMUM, berbicara mengenai kondisi-2 dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana mengambil keputusan etis, teori-2 etika dan prinsip-2 moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolok ukur menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
Etika umum dapat dianalogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.
ETIKA KHUSUS, merupakan penerapan prinsip-2 moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus.
Penerapan ini bisa berwujud :
(1) Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-2 moral dasar.
(2) Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tidakan, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.

ETIKA UMUM DAN ETIKA KHUSUS
Dibagi menjadi dua bagian :
a. Etika individual, menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
b. Etika sosial, berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
ETIKA KHUSUS
Etika Individual dan Etika Sosial tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kewajiban manusia terhadap diri sendiri dan sebagai anggota umat manusia saling berkaitan.
Etika sosial menyangkut hubungan manusia dengan manusia secara langsung maupun kelembagaan (keluarga, masyarakat, negara), sikap kritis terhadap pandangan-2 dunia dan idiologi-2 maupun tanggung jawab umat manusia terhadap lingkungan hidup.

ETIKA INDIVIDUAL DAN ETIKA SOSIAL
Dengan demikian luasnya lingkup dari etika sosial, maka etika sosial ini terbagi menjadi banyak bidang. Bidang yang aktual saat ini adalah sebagai berikut :
1. Sikap terhadap sesama
2. Etika keluarga
3. Etika profesi
(yg akan dibahas = Jurnalistik, Periklanan, Humas dan Penyiaran)
4. Etika politik
5. Etika lingkungan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar